WABUP MOTIVASI PESERTA DIKLAT PRAJABATAN

0

Kuala Tungkal/Kom. Peserta Pelatihan Dasar CPNS (Diklat Prajabataban) Gol. III Angkatan I Kabupaten Tanjung Jabung Barat hari ini Rabu (19/04), kedatangan tamu istimewa, yaitu Bupati Tanjab Barat yang diwakili Wabup Drs. H. Amir Sakib.

Dalam diklat yang diadakan di Balai Diklat Tanjab Barat, Wabup memberikan materi tentang Otonomi Daerah kepada 35 calon ASN tersebut.

Wabup juga menjelaskan pentingnya pembentukan karakter dan moral. Pegawai yang berkarakter adalah pegawai yang mempunyai kualitas moral positif. Sosok Pegawai Negeri yang bermoral baik menurutnya, merupakan unsur utama Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai peranan dalam menentukan, keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, ujarnya.

Pembinaan melalui pendidikan dan pelatihan seperti ini dilaksanakan agar terbentuk sosok-sosok berkarakter. Karakteristik kita itu dipengaruhi oleh etika dan moral. Hal inilah yang perlu kita gali dan pahami kemudian kita lakukan perubahan karakter kita menjadi lebih baik. Karena, kalian yang nantinya akan menjadi tulang punggung pembangunan di daerah ini,

Dalam kesempatan ini Wabup juga memberikan motivasi kepada peserta diklat dengan bercerita tentang karirnya mulai dari menjadi CPNS hingga menjadi Kepala Dinas di beberapa instansi dan akhirnya jadi Wakil Bupati.

Dulunya saya juga sama dengan adek-adek semua, saya juga menjalani diklat prajabatan. Intinya adalah sikap dan perilaku kita, jadilah ASN yang disiplin, itu adalah kuncinya. Kemudian bersikap jujur dan tidak sombong. Dulunya saya juga menjadi staf, kemudian menjadi Kabag Pemdes, lanjut jadi Camat, Sekretaris KPU hingga jadi Kepala Dinas beberapa instansi di Sarolangun dan Pemerintah Provinsi Jambi hingga sekarang menjadi Wakil Bupati. Itu semua karena saya selalu disiplin dan bertanggung jawab dengan tugas yang diamanahkan, ujar Wabup.

Di akhir materi Wabup juga berpesan kepada para peserta untuk tidak berhenti belajar. Terutama aturan-aturan yang menyangkut kepegawaian, pengelolaan keuangan dan lain sebagainya.

Belajar jangan hanya sekali. Sebab, pengetahuan tidak ada batasnya. Setelah selesai kegiatan ini, saya harap kalian akan mampu mewarnai bukan terwarnai, dan jangan lupa selalu jalin komunikasi dengan sesama angkatan ini tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *